Start up

Kunci Startup Sukses Jaman Now Ala Founder Bukalapak

Minggu, 13 Mei 2018 | 06:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Beritabali.com.Badung, Founder dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky, Rabu (9/5) disela acara The 1st Next Indonesia Unicorn (NextICorn) International Summit yang digelar di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC), Nusa Dua, Badung mengatakan pentingnya startup untuk mampu bertahan dan bahkan menjadi Unicorn buat yang baru untuk memiliki misi dan tujuan yang kuat.

Pilihan Redaksi

  • Muatan Kurikulum Pembelajaran Dinilai Terlalu Banyak dan Luas
  • Jelang Pilgub Bali, Polres Karangasem Cek Kesiapan Kendaraan
  • Peran FPK dalam Menumbuhkan Pembauran Antar Etnis di Kota Denpasar
  •  
    "Harus punya sense of purpose. Bikin yang baru agar jangan tertinggal. Bikin startup bukan soal uang saja. Kalau soal uang, mending dilupakan saja itu," ujarnya.
     
    Dilanjutkan, mendirikan startup teknologi bisa diibaratkan masuk ke hutan rimba dengan medan yang belum diketahui pasti yang juga jalan masuknya bisa dikatakan berliku-liku dan terjal.
     
    "Tentu akan sangat beda dengan bekerja di dalam perusahaan dengan jalan yang stabil. Tapi, kalau buat startup jalannya beda, sangat terjal yang mana, naik turunnya juga cepat," jelasnya.
     
    Dikatakan ketika ada misi kuat yang menggerakkan startup sejak awal maka, seberat apapun tantangan, para pendiri atau founder bersama tim. Untuk tetap akan komitmen men

    Pilihan Redaksi

  • Insiden Mako Brimob, Polres Karangasem Kibarkan Bendera Setengah Tiang
  • Parade Baleganjur Meriahkan Peringatan Serangan Umum Kota Denpasar ke-72
  • Coastal Clean Up: 13.854 Kg Sampah Pantai Terkumpul dari Seluruh Bali
  • untaskan misi sampai tercapai. Tidak menyerah di tengah jalan.
     
    "Agar dapat bertahan maka, kita harus punya sense of purpose atau mission. Jadi ada tujuan kuat kenapa buat startup. Misi dan tujuan yang kuat itu juga menjadi salah satu kunci sukses Bukalapak menjadi salah satu e-commerce terbesar di Indonesia dan menyandang gelar unicorn atau startup teknologi yang memiliki valuasi di atas 13 triliun rupiah," paparnya.
     
    Dalam kesempatan tersebut menghimbau, agar para startup yang sudah menyandang gelar unicorn nanti jangan sampai lupa dengan misi di awal. Menjadi unicorn atau tidak, jangan sampai menjadi terbuai.
     
    "Kalau ada misi yang kuat otomatis saat kondisi turun tetap semangat serta pas naik juga tidak terlalu lebay. Misal, langsung beli mobil mewah. Karena itu bukanlah merupakan tujuan kita. Akan tetapi, tujuan kita membuat startup adalah sesuatu yang lebih besar daripada diri kita," cetusnya. (bbn/aga/rob)

    Penulis : Agung Gede Agung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Achmad Zaky Founder Bukalapak Kunci Sukses Startup



    Ekbis Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending Ekbis

    Berita Bali TV