Ekbis

Aqua Danone Dukung Gerakan Bijak Berplastik

Kamis, 01 November 2018 | 08:21 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Beritabali.com,Denpasar. Danone Aqua turut mendukung gerakan bijak berplastik dengan melakukan upaya seperti peningkatan pengumpulan sampah plastik dan mendukung edukasi daur ulang sampah plastik serta mempercepat inovasi kemasan plastik. 

Pilihan Redaksi

  • Coca Cola Berkomitmen Mendaur Ulang Kemasan Plastik Setara dengan yang Terjual
  • Oceana Dorong Perusahaan Kurangi Jumlah Produksi Plastik
  • Denpasar Godok Aturan Kurangi Penggunaan Plastik
  •  
    Sustainable Development Director PT. Tirta Investama, Karyanto Wibowo mengatakan hal tersebut terlihat dari proses tur sirkulariti (Circularity Tour) dimana Danone-Aqua ingin memperlihatkan kepada media dalam mengurangi sampah plastik khususnya di Kawasan Bali. 
     
    "Masalah sampah plastik, bisa ditangani dengan melibatkan seluruh stakeholder lintas sektoral, mulai dari pemerintah daerah, masyarakat, perusahaan, LSM hingga para pelajar," jelasnya, Rabu (31/10).
     
    Karyanto melanjutkan, melalui kegiatan Circularity Tour, diperlihatkan proses daur ulang plastik tersebut dilakukan. Mulai dari proses pemungutan sampah plastik terutama botol oleh pemulung, lanjut dibawa ke tempat penampungan yang kemudian dibersihkan hingga masuk ke pabrik daur ulang. 
     
    "Tak hanya itu, dalam Circularity Tour ini, akan bisa melihat secara langsung pemberdayaan para pemulung untuk memperbaiki tingkat kesehatan, hingga tingkat kesejahteraannya," ujarnya. 
     
    Dirinya menambahkan tahapan proses daur ulang botol plastik diantaranya pertama pengumpulan plastik botol bekas, kedua proses pembersihan dan botol plastik dibuat menjadi cacahan,

    Pilihan Redaksi

  • Grup Band Pop Bali Romanta Angkat Fenomena Kehidupan di Masyarakat
  • Kapolda Bali Sebut Terorisme di Indonesia Terafiliasi ISIS dan Al Qaeda
  • Polres Jembrana Bekuk Komplotan Pelaku Hipnotis Korban Hingga Miliaran Rupiah
  • proses ketiga pelelehan cacahan plastik untuk dijadikan bentuk resin selanjutnya proses keempat resin bertrasformasi menjadi sebuah botol baru. 
     
    Dalam waktu dan tempat yang sama, General Manager East Regional, PT. Kartika Agung Dewata Plastic Packanging Specialist, Markus Sembiring menjelaskan alur daur ulang mulai dari Collection Center yang mengumpulkan botol-botol daur ulang dari pada bandar-bandar dan pemulung. 
     
    Nantinya, alur akan diproses di pabrik yang ada di Bandung, sehingga menjadi resin. Proses ini diklaim di Asia tengara hanya ada di Indonesia saja. Untuk produksi selama ini, dalam sebulan sejak 2007 sampai 2008 telah diproduksi sebanyak 300 ton per bulan sedangkan di 2007 sampai 2018 atau 8 sampai 10 tahun telah mampu mengolah botol plastik bekas sebanyak, 1.200 sampai 1.500 ton per bulan. 
     
    "Dalam per hari bisa dikatakan disini, mampu mengolah sebanyak 500 ton," ucapnya. (bbn/aga/rob)

    Penulis : Agung Gede Agung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Danone Aqua Circularity Tour Daur Ulang Kemasan Plastik



    Ekbis Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending Ekbis

    Berita Bali TV