Ekbis

Tahun Depan, Koperasi Penyalur KUR Pertama di Bali Target Kucurkan Rp20 Miliar

Senin, 23 September 2019 | 06:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Sebagai koperasi di Bali yang pertama terpilih menyalurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR), Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Guna Prima Dana targetkan bisa menyalurkan KUR sebesar Rp 20 miliar. 

Pilihan Redaksi

  • Jenis Koperasi Konsumen Mendominasi di Bali
  • Prinsip Koperasi Syariah Masuk dalam RUU Perkoperasian Tidak Masalah
  • Tabanan Akan Bubarkan 99 Koperasi
  •  
    Manajer KSP Guna Prima Dana, I Wayan Suyatna mengatakan selain itu pihaknya juga ingin meningkatkan ijin penyaluran ke lingkup Provinsi sehingga bisa menyalurkan KUR lebih luas lagi. Sedangkan untuk tahun ini pihaknya mendapat plafon Rp 8,5 miliar dan sudah direalisasikan sebesar Rp6,5 miliar kepada 260 orang anggota dan masih tersisa plafon Rp 2 miliar. Target untuk di bulan Oktober mendatang dari plafon sebesar Rp 8,5 miliar sudah tersalurkan semua.
     
    Saat ini KSP Guna Prima Dana yang lahir pada 27 September 2001 telah memiliki total aset sebesar Rp150 miliar. Dengan jumlah anggota sebanyak empat ratus ribuan.
     
    "Kita menjadi rule model dari kementrian Koperasi dari sisi aset kita yang paling kecil. Tidak harus koperasi besar, yang penting likuiditas sehat, siap ketentuan dan syarat dipenuhi seperti LDR, biaya operasional, NPL di bawah lima persen dan manajemen yang bagus," ujarnya.
     
    Mayoritas anggota KSP Guna Prima Dana merupakan pelaku usaha mikro dan kecil di sektor pariwisata di wilayah Kabupaten Badung. Diantaranya, bergerak di sektor usaha souvenir, homestay, kerajinan, laundry, rent car, dan sebagainya.
     
    Dia menambahkan, KUR KSP Guna Prima Dana merupakan pembiayaan yang diberikan kepada anggota bergerak di sektor UMKM. Yang ditujukan untuk meningkatkan dan memperluas pelayanan kepada UMKM

    Pilihan Redaksi

  • Sembunyikan Mobil Angkot Demi Istirahat Makan
  • Masyarakat Masih Belum Paham Keabsahan Produk Hukum Kenotarisan
  • Suku Bunga Acuan BI Turun, Diharapkan Dorong Kredit Usaha di Bali
  • produktif, meningkatkan kapasitas daya saing serta mendorong pertumbuhan ekonomi anggota. "KUR KSP Guna Prima Dana berbentuk KUR mikro,  dengan limit kredit sampai dengan Rp 25 juta per debitur," ucapnya.
     
    KSP Guna Prima Dana merupakan satu dari tiga koperasi di seluruh Indonesia yang terpilih sebagai koperasi penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) setelah Kospin Jasa yang ada di Pekalongan, Jawa Tengah dan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Obor Mas di Maumere, NTT. 
     
    Simbolis penyerahan KUR dilakukan langsung oleh Mentri Koperasi dan UKM RI AA Puspayoga dalam acara bertajuk "Sinergi Program Kegiatan Kementrian Koperasi dan UKM dengan IKIP PGRI Bali" yang digelar di Kampus IGIP PGRI Bali, Sabtu (21/9). (bbn/aga/rob)

    Penulis : Agung Gede Agung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Koperasi Salurkan KUR Bali Pekalongan Jawa Tengah



    Ekbis Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending Ekbis

    Berita Bali TV