Ekbis

Dana Desa di NTB Meningkat 4,40%

Kamis, 28 November 2019 | 10:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NTB.
Dana Desa tahun 2020 untuk desa-desa di Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dialokasikan sebesar Rp1,23 triliun, meningkat 4,40 persen dari alokasi APBN 2019. 

Pilihan Redaksi

  • NTB Ingin Mengetahui Karakter Wisman Lewat Survei
  • Gubernur NTB Bagi Bingkisan untuk Veteran dan Rehab Rumah Tak Layak Huni
  • Inovasi Teknologi Medis Diharapkan Muncul di NTB
  • Alokasi yang meningkat tersebut sejalan dengan tren peningkatan secara nasional. Hal tersebut dikatakan Gubernur NTB Doktor H Zulkiflimansyah, saat menyerahkan secara simbolis, Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2020, di Whyndam Hotel Sekotong, Lombok Barata, Selasa (26/11). 
    Dalam sambutannya Gubernur Zul menyampaikan bahwa, Presiden telah melakukan transfer anggaran kepada Gubernur se Indonesia, pada 14 November 2019. Dan untuk Bagian dari Belanja Negara tahun 2020 dari pemerintah pusat yang akan direalisasikan di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mencapai 26,08 triliun. 
    Angka ini meningkat 5,46 persen dari tahun 2019 (Rp24,73 triliun). Dari dana tersebut, Rp16,31 triliun dialokasikan untuk dana transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).   Khusus TKDD, alokasi terbesar diterima Pemprov NTB sebesar Rp3,8 triliun, dan terendah di Kota Bima sebesar Rp 691,6 miliar. 
    Untuk Alokasi Dana Desa tahun anggaran 2020 sebesar Rp 1,2 triliun, dengan alokasi terbesar di Kabupaten Lombok timur Rp 316,3 miliar dan terendah di Kabupaten Sumbawa barat sebesar Rp 62,5 miliar.
    "Selaku wakil pemerintah pusat di daerah, gubernur bertugas menyerahkan DIPA APBN kepada seluruh satuan kerja dan instansi vertikal, pemerintah kabupaten dan kota di NTB," kata Gubernur Zul, pada acara yang dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan  Daerah (Forkopimda) Propinsi NTB, perangkat daerah, serta instansi vertikal, Bupati/walikota.
    "Saat arahan di istana, presiden berpesan agar  lelang-lelang tidak lagi dilaksanakan pada akhir tahun," ujar gubernur Zul, tentang lelang proyek di daerah dan kota. 
    Dengan lelang di awal tahun, menurut gubernur Zul pengelolaan keuangan di Pemerintah daerah akan jauh lebih baik.

    Penulis : Ni Luh Sulastri

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Dana Desa NTB



    Ekbis Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending Ekbis

    Berita Bali TV