Start up

Keamanan Siber Lemah, Data Penting Pemkab Karangasem Rentan Diretas

Rabu, 20 November 2019 | 21:50 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Server data yang menampung berbagai data dan informasi yang ada di masing - masing OPD Pemerintan Kabupaten Karangasem dinilai sangat rentan untuk diretas.

Pilihan Redaksi

  • Baca Buku di Perpustakaan Umum Karangasem Dapat Buku Gratis
  • Demokrat Karangasem Dukung Mas Sumatri Bupati Dua Periode
  • Kepastian Koalisi Golkar-Nasdem di Pilkada Karangasem Menunggu Munas
  • Oleh karenanya, sebelum terjadi hal - hal yang tidak diinginkan, diperlukan pengamanan siber untuk melindungi data - data dan informasi agar tidak disalahgunakan oleh oknum - oknum yang tak bertanggung jawab.
    Pengamanan siber menjadi sangat penting, mengingat kini di lingkungan pemerintahan Kabupaten Karangasem sudah berjalan melalui penggunaan aplikasi, hanya saja sejauh ini memang belum ada pengamanan secara khusus untuk melindungi dari serangan hacker.
    "Sejauh ini memang belum ada pengamanan, tentunya sangat rentan dihacker mengingat terdapat data - data penting yang harus dijaga kerahasiaannya," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Karangasem, I Komang Daging saat ditemui media ini pada Rabu (20/11/2019).
    Menurutnya, hal inilah yang kini menjadi perhatian serius dari Kominfo untuk mengamankan data - data penting yang tersimpan didalam server data salah satunya dengan cara berkoordinasi dengan Badan Siber Sandi Negara.
    Meski baru sebatas kordinasi, namun terkait dengan pengaman data - data memang sudah ada arahan dari pemerintah pusat. Untuk tindak lanjut kedepan tentunya ada SOP keamanan siber yang harus dipenuhi agar menperoleh sertifikasi elektronik dari Badan Persandian Negara  untuk menuju pemerintah berbasis elektronik.
    Sementara itu, untuk perangkat yang dimiliki Pemda Karangasem sendiri, menurut Komang Daging sejauh ini sudah cukup mendukung dan memadai, hanya saja masih lemah dalam hal tingkat keamanannya.  

    Penulis : Kontributor Karangasem

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Keamanan Siber Lemah Pemkab Karangasem Rentan Diretas



    Ekbis Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending Ekbis

    Berita Bali TV