Start up

Laporan Indonesia Digital Conference 2019

Tenten Masduki: Digitalisasi UMKM Untuk Perluasan Akses Pasar

Kamis, 28 November 2019 | 18:50 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki menyatakan UKM di Indonesia perlu melakukan digitalisasi untuk perluasan akses pasar.

Pilihan Redaksi

  • Mochtar Riady: Jangan Minder, Manfaatkan Teknologi Digital
  • Beritabali.com Hadiri Indonesia Digital Conference 2019
  • AMSI Bali Dorong Perguruan Tinggi Beri Masukan Pada Media Lewat Kajian Ilmiah
  • Saat ini, usaha di Indonesia, 63 juta atau 99% adalah usaha mikro, kemudian sisanya usaha kecil dan menengah. Kontribusi UMKM dalam perekonomian Indonesia sangat signifikan. Dari 64.2 juta UMKM, berkontribusi terhadap 99% total lapangan kerja.
    "Sayangnya, UMKM  kita tidak didesain punya daya saing dengan produk luar, total ekspor baru mencapai 14%," papar Teten saat menjadi pembicara pada Indonesia Digital Conference (IDC) 2019 yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Ballroom Djakarta Theater Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019).
    Lebih lanjut Teten menyampaikan, ada beberapa strategi yang akan dilakukan untuk pemberdayaan UMKM, salah satunya adalah digitalisasi UMKM.
    "Selain digitalisasi, kita perlu membangun trading house produk UMKM serta memprioritaskan produk UMKM untuk belanja pemerintah," ujar Teten.
    Terungkap dalam paparannya, Teten mengatakan bahwa untuk pengadaan cangkul dari beberapa kementerian saja jumlahnya sangat besar dan harus impor.
    "Indonesia butuh 10 juta cangkul pertahun, kita harap ke depan, UMKM kita bisa mensupplynya, jadi tidak perlu impor dan bahkan UMKM kita bisa jual ke luar secara online," pungkas Teten.

    Penulis : I Putu Agus Swastika

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Indonesia Digital Conference Teten Masduki UMKM



    Ekbis Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending Ekbis

    Berita Bali TV